Antroposfer

Apa itu Piramida Penduduk?

August 3rd, 2020

Kita dapat menggambarkan karakteristik dari setiap populasi berdasarkan komposisinya. Selain itu, komposisi yang terdapat dalam suatu populasi juga memberikan petunjuk berharga tentang bagaimana suatu populasi kemungkinan akan berubah di masa depan. Piramida penduduk merupakan salah satu cara untuk merepresentasikan komposisi penduduk pada suatu wilayah. Diagram ini memberi gambaran visual tentang komposisi populasi berdasarkan susunan gender dan umur di dalam sebuah populasi.

Mengenal Piramida Penduduk

Piramida penduduk adalah sebuah diagram yang merepresentasikan komposisi usia dan gender pada sebuah populasi. Kedua komponennya disusun menjadi populasi dengan gender laki-laki di sebelah kiri dan perempuan di sebelah kanan. Populasi berdasarkan usia disusun dengan interval secara vertikal dengan populasi muda berada di dasar dan populasi tua berada di puncaknya.

 Dengan piramida penduduk, kita dapat mempelajari kondisi suatu wilayah di masa depan serta mengusut tren populasi secara historis dan terkini. Diagram ini juga dapat membantu pemerintah maupun pihak swasta untuk memberikan gambaran tentang apa yang benar-benar dibutuhkan oleh masyarakat setempat.

Piramida Penduduk-dunia

Sumber: Our World in Data

Setiap negara/wilayah pastinya memiliki struktur populasi dan bentuk piramida penduduknya masing-masing. Meskipun begitu, pada dasarnya piramida penduduk dapat dikelompokkan menjadi 3 tipe yang masing-masing bentuknya dapat mencerminkan karakteristik penduduk di wilayah tersebut. 3 tipe tersebut adalah ekspansif, stasioner, dan konstruktif.

Piramida Ekspansif

Piramida Penduduk-nigeria

Sumber: Wikimedia Commons

Piramida ekspansif atau yang juga biasa disebut piramida penduduk muda menggambarkan suatu wilayah dengan pertumbuhan penduduk yang sangat cepat. Piramida ini menyerupai bentuk segitiga karena bentuknya yang melebar pada populasi muda.

Populasi dengan piramida bentuk ini dicirikan oleh kelahiran yang tinggi dan angka harapan hidup yang masih rendah. Sehingga populasi penduduk mudanya sangat tinggi dan penduduk tuanya rendah. Piramida ini ada pada negara-negara yang sedang berkembang. Negara-negara yang memiliki piramida bentuk ini adalah Afghanistan, Laos, dan kebanyakan negara-negara di Afrika.

Piramida Stasioner

Piramida Penduduk-uk

Sumber: Wikimedia Commons

Piramida stasioner atau piramida penduduk dewasa menggambarkan suatu wilayah dengan pertumbuhan penduduk yang cenderung tetap. Angka kelahiran dan kematian relatif rendah sehingga jumlah populasi stabil yang tidak akan berubah secara signifikan kecuali terdapat perubahan mendadak (seperti perang dan wabah).

Piramida penduduk ini berbentuk seperti persegi panjang karena jumlah penduduknya selatif seimbang antara usia muda dan usia tua. Singapura, Amerika Serikat, dan negara-negara di Eropa Barat kebanyakan memiliki piramida tipe ini.

Piramida Konstruktif

Piramida Penduduk-jepang

Sumber: Wikimedia Commons

Piramida terakhir adalah piramida konstruktif atau piramida penduduk tua. Piramida tipe ini menggambarkan suatu wilayah dengan populasi yang cenderung menurun. Piramida tipe ini dicirikan oleh bentuknya yang menyempit di bagian bawah. Rata-rata populasi penduduk pada wilayah ini berusia tua karena memiliki angka harapan hidup yang tinggi, angka kematian yang rendah, dan juga angka kelahiran yang sangat rendah. Sehingga, populasi cenderung menurun. Negara-negara dengan piramida bentuk ini adalah Jepang, Jerman, dan Hungaria.

Referensi:
Population of WORLD 2019.  https://www.populationpyramid.net/world/2019/
Population Pyramid. https://www.nationalgeographic.org/encyclopedia/population-pyramid/
Population pyramid. https://www.britannica.com/topic/population-pyramid
Age Structure. https://ourworldindata.org/age-structure

Foto: Pixabay

Logo

Telusuri lebih jauh tentang manusia, lingkungannya, dan bumi yang kita pijak beserta bentang alamnya bersama Supergeografi!

© 2022 All rights reserved.