OSN Geografi? Ayo Kenalan dengan OSN Geografi

May 24th, 2020

Bagi kalian yang suka cari tau tentang apa aja yang ada di bumi ini mulai dari bagaimana terbentuknya pegunungan sampai gimana caranya budaya menyebar sampai ke pelosok pelosok dunia, geografi adalah bidang yang tepat buat kalian. Geografi adalah ilmu tentang tempat dan hubungan antara manusia dan lingkungannya. Geografi membahas sifat-sifat fisik permukaan Bumi dan umat manusia yang hidup tersebar di permukaannya.

Apa bedanya sama Kebumian?

Geografi dan Kebumian sama sama bidang yang membahas tentang ilmu bumi, trus apa bedanya? Seperti yang udah kita bahas tadi, geografi mengombinasikan ilmu fisik bentangalam dan interaksinya dengan kehidupan sosial manusia, sedangkan kebumian berkutat pada pengetahuan tentang bentangalam fisik ditambah astronomi. Mudahnya, dalam kebumian hanya belajar ilmu fisik Bumi (ditambah astronomi), sedangkan geografi juga belajar ilmu sosial.

Kalo di OSN, perbedaan kedua bidang lebih didasarkan pada kebutuhan yang diperlukan buat persiapan kontingen Indonesia di Olimpiade Geografi Internasional (International Geography Olympiad/iGeo) dan Olimpiade Kebumian Internasional (International Earth Science Olympiad/IESO).

Nah, jadi itu bedanya geografi dan kebumian. Kalo kalian lebih pilih yang mana, geografi atau kebumian?

Silabus OSN Geografi

Sekarang mari kita bahas materi materi apa aja yang bakal keluar di OSN. Silabus OSN Geografi disusun sesuai sama silabus International Geography Olympiad. Topik-topik yang diujikan di OSN Geografi bisa dilihat secara lengkap di silabus OSN dari Kemendikbud, kira-kira seperti di bawah ini:

  1. Iklim dan Perubahan Iklim
  2. Kebencanaan dan Manajemen Bencana
  3. Sumber Daya dan Manajemen Sumber Daya
  4. Geografi Lingkungan dan Pembangunan Berkelanjutan
  5. Geologi, Geomorfologi, dan Penggunaan Lahan
  6. Geografi Pertanian dan Permasalahan Pangan
  7. Kependudukan dan Dinamika Penduduk
  8. Geografi Ekonomi dan Globalisasi
  9. Geografi Pembangunan dan Ketimpangan Spasial
  10. Geografi Kota, Peremajaan Kota, dan Perencanaan Kota
  11. Pariwisata dan Manajemen Pariwisata
  12. Geografi Budaya dan Identitas Regional

Lebih lengkapnya kalian bisa liat silabusnya disini atau bisa juga liat silabus iGeo disini.

Belajarnya gimana sih?

Topik-topiknya udah kita bahas. Sekarang pertanyaannya, buat belajar materi-materi yang udah disebutin diatas enaknya gimana sih? Kalo saya sendiri, saya banyak baca buku buku geografi yang sering jadi referensi. Selain dari buku buku, saya juga suka baca baca artikel tentang geografi di internet. Presentasi-presentasi rangkuman materi juga banyak dishare di internet.

Buku buku

Beberapa buku yang biasa dijadiin referensi buat belajar OSN Geografi.

  • Geography: an Integrated Approach — David Waugh, Nelson Thornes
  • Cambridge International AS and A Level Geography, 2nd Edition — Garrett Nagle, Hodder Education
  • Earth Science, 15th Edition — Lutgens, Tarbuck, and Tasa, Pearson
  • Visualizing Human Geography, 2nd Edition — Alyson Greiner, Wiley

Website

Selain dari buku buku, bisa juga belajar dari website website dibawah ini. Bisa buat hemat biaya juga kan? Jadi ngga perlu beli buku buku mahal yang tadi udah disebutin.

Segitu aja ya perkenalan soal OSN Geografi. Selamat belajar dan mengejar cita cita di Kompetisi Sains Nasional selanjutnya!

Referensi:

Foto: Pexels.com

Logo

Telusuri lebih jauh tentang manusia, lingkungannya, dan bumi yang kita pijak beserta bentang alamnya bersama Supergeografi!

© 2022 All rights reserved.