Mengenal OSN Geografi

Share:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on email

Bagi kalian yang suka cari tau tentang apa aja yang ada di bumi ini mulai dari bagaimana terbentuknya pegunungan sampai gimana caranya budaya menyebar sampai ke pelosok pelosok dunia, osn geografi adalah bidang yang tepat buat kalian. Geografi adalah ilmu tentang tempat dan hubungan antara manusia dan lingkungannya. Geografi membahas sifat-sifat fisik permukaan Bumi dan umat manusia yang hidup tersebar di permukaannya.

Apa bedanya sama Kebumian?

Geografi dan Kebumian sama sama bidang yang membahas tentang ilmu bumi, trus apa bedanya? Seperti yang udah kita bahas tadi, geografi mengombinasikan ilmu fisik bentangalam dan interaksinya dengan kehidupan sosial manusia, sedangkan kebumian berkutat pada pengetahuan tentang bentangalam fisik ditambah astronomi. Gampangnya sih, kebumian hanya belajar ilmu fisik Bumi (+astronomi), sedangkan kalo geografi juga belajar ilmu sosial. Biasanya materi yang dipelajari di kebumian lebih dalem dari yang dipelajari di geografi tapi geografi cakupannya lebih luas.

Kalo di OSN, perbedaan kedua bidang lebih didasarkan sama kebutuhan yang diperlukan buat persiapan kontingen Indonesia di Olimpiade Geografi Internasional (International Geography Olympiad/iGeo) dan Olimpiade Kebumian Internasional (International Earth Science Olympiad/IESO).

Nah, jadi itu bedanya geografi dan kebumian. Kalo kalian lebih pilih yang mana, geografi atau kebumian?

Silabus OSN Geografi

Logo OSN Geografi

Sekarang mari kita bahas materi materi apa aja yang bakal keluar di OSN. Silabus OSN Geografi disusun sesuai sama silabus International Geography Olympiad. Topik-topik yang diujikan di OSN Geografi bisa dilihat secara lengkap di silabus OSN dari Kemendikbud, kira-kira seperti di bawah ini:

  1. Iklim dan Perubahan Iklim
  2. Kebencanaan dan Manajemen Bencana
  3. Sumber Daya dan Manajemen Sumber Daya
  4. Geografi Lingkungan dan Pembangunan Berkelanjutan
  5. Geologi, Geomorfologi, dan Penggunaan Lahan
  6. Geografi Pertanian dan Permasalahan Pangan
  7. Kependudukan dan Dinamika Penduduk
  8. Geografi Ekonomi dan Globalisasi
  9. Geografi Pembangunan dan Ketimpangan Spasial
  10. Geografi Kota, Peremajaan Kota, dan Perencanaan Kota
  11. Pariwisata dan Manajemen Pariwisata
  12. Geografi Budaya dan Identitas Regional

Lebih lengkapnya kalian bisa liat silabusnya disini atau bisa juga liat silabus iGeo disini.

Belajarnya gimana sih?

Topik-topiknya udah kita bahas. Sekarang pertanyaannya, buat belajar materi-materi yang udah disebutin diatas enaknya gimana sih? Kalo saya sendiri, saya banyak baca buku buku geografi yang sering jadi referensi. Selain dari buku buku, saya juga suka baca baca artikel tentang geografi di internet. Presentasi-presentasi rangkuman materi juga banyak dishare di internet.

Buku buku Referensi

Beberapa buku yang biasa dijadiin referensi buat belajar OSN Geografi.

Website Penting

Selain dari buku buku, bisa juga belajar dari website website dibawah ini. Bisa buat hemat biaya juga kan? Jadi ngga perlu beli buku buku mahal yang tadi udah disebutin.

Latihan Soal OSN Geografi

Selain baca baca materi, latihan soal juga nggak kalah pentingnya lho! Kalian bisa download soal soal buat latihan disini.

Segitu aja ya perkenalan soal OSN Geografi. Selamat belajar dan mengejar cita cita di Kompetisi Sains Nasional selanjutnya!


Referensi:
http://www.geoolympiad.org/
http://olimpiade.psma.kemdikbud.go.id/
https://id.quora.com/Apakah-perbedaan-dari-olimpiade-geografi-dan-olimpiade-kebumian-pada-Olimpiade-Sains-Nasional-OSN-tingkat-SMA

Foto: Pexels.com

Newsletter
πŸ“¬ Ikuti Newsletter kami dan dapatkan Artikel terbaru lebih awal
artikel terbaru

Komentar

Tinggalkan Balasan

Artikel Terkait