Struktur Lapisan Bumi

Share:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on email

Bumi kita ini ternyata memiliki struktur lapisan bumi yang terdiri dari lapisan lapisan dengan sifat berbeda yang membentuk karakteristik bumi kita yang kita tinggali saat ini. Diperkirakan bahwa bumi memiliki massa sekitar 6,000,000,000,000,000,000 kilogram. Bumi berbentuk bulat pepat yang memiliki radius sekitar 6,360 kilometer. Planet tempat kita tinggal ini terdiri dari beberapa lapisan. Mulai dari kerak bumi tempat manusia hidup, mantel yang menyusun sebagian besar volume bumi, dan inti bumi yang menghasilkan medan magnet bumi kita.

Pemahaman tentang struktur internal Bumi didasarkan pada pengamatan topografi, batimetri, pengamatan batuan dalam singkapan, dan sampel batuan yang dibawa ke permukaan oleh letusan gunung berapi.

Struktur Bumi

Kedalaman (km)Lapisan
0โ€“80Lithosphere (bervariasi antara 5 sampai 200 km)
0โ€“35… Kerak (bervariasi antara 5 sampai 70 km)
35โ€“2,890Mantel
80โ€“220… Asthenosphere
410โ€“660… Zona transisi
35โ€“660… Mantel atas
660โ€“2,890… Mantel bawah
2,890โ€“5,150Inti luar
5,150โ€“6,360Inti dalam

Secara umum, struktur lapisan bumi bisa dilihat dari 2 sudut pandang, yaitu berdasarkan komposisinya dan berdasarkan sifat mekanisnya. Pembagian berdasarkan komposisi ditentukan dari komponen komponen kimia penyusun tiap lapisan. Menurut komposisinya, lapisan lapisan bumi bisa dibagi menjadi kerak, mantel, dan inti.  Pembagian berdasarkan sifat  mekanis membedakan lapisan lapisan Bumi berdasarkan sifat fisisnya dan kekakuannya. Berdasarkan sifat mekanisnya, bumi dibagi menjadi Litosfer, Astenosfer, Mesosfer, Inti luar dan Inti dalam.

Pembagian lapisan lapisan Bumi disimpulkan menggunakan waktu tempuh perambatan gelombang hasil pantulan dan refraksi gelombang seismik yang tercipta akibat gempa bumi.

Kerak Bumi

Kerak bumi, kulit terluar bumi kita ini tersusun dari struktur batuan yang relatif tipis jika dibandingkan lapisan lapisan bumi lainnya. Kerak bumi hanya menyusun sekitar 1 persen dari massa bumi. Lapisan ini adalah lapisan dimana kita tinggal. Kerak bumi terpecah menjadi beberapa bagian yang disebut lempeng. Lempeng bumi mengapung pada lapisan mantel plastis yang berada di bawah kerak bumi. Kerak bumi dipisahkan dari lapisan mantel oleh suatu bidang diskontinuitas yang bernama bidang diskontinuitas Mohoroviฤiฤ‡.

Kerak Benua dan Kerak Samudera

Kerak bumi dapat dibagi menjadi dua bagian, Kerak Benua dan Kerak Samudera. Walaupun keduanya merupakan lapisan terluar bumi, karakteristik kerak benua dan kerak samudera memiliki banyak perbedaan. Kerak benua memiliki ketebalan yang jauh lebih tinggi dari kerak samudera. Ketebalan kerak samudera berkisar antara 6-10 km dan tersusun dari batuan basaltic yang berwarna gelap. Sementara itu, kerak benua rata rata memiliki ketebalan 35 km dan bahkan bisa mencapai 75 km di daerah pegunungan. Walaupun mayoritas lapisan atas kerak benua tersusun dari batuan granitic yang disebut granodiorite, kerak benua tersusun dari komponen batuan yang bermacam macam.

Batuan penyusun kerak benua memiliki densitas rata-rata sekitar 2.6 g/cm3, dan beberapa telah ditemukan berusia lebih dari 4 miliar tahun. Batuan pada kerak samudera berumur lebih muda, (kurang dari 180 juta tahun) dan lebih padat (sekitar 3.0 g/cm3) dari batuan pada kerak benua.

Kerak BenuaKerak Samudera
KetebalanRata rata 35-75 kmRata rata 6-10 km
Umur BatuanSangat tua, sebagian besar lebih dari 4 miliar tahunMuda, sebagian besar kurang dari 180 juta tahun
Warna dan KepadatanWarna lebih terang; Lebih ringan, rata rata 2.6 g/cm3Warna lebih gelap; Lebih berat, rata rata 3.0 g/cm3
Sifat BatuanTerdapat berbagai jenis, sebagian besar mengandung silika dan oksigen; granitic yang paling umumHanya beberapa jenis, sebagian besar basaltic

Mantel

Lebih dari 82 persen volume bumi tersusun dari lapisan mantel. Mantel menyusun bagian dalam bumi hingga kedalaman hampir 2900 km. Mantel bumi tersusun dari batuan padat namun bersifat ductile dan plastis. Sebagian besar mantel bumi terdiri dari aluminium dan silikat.

Mantel atas menyusun bagian dalam bumi mulai dari batas kerak-mantel hingga ke kedalaman sekitar 660 kilometer. Mantel atas dapat dibagi menjadi dua bagian yang berbeda. Bagian atas adalah bagian dari litosfer yang kaku, dan di bawahnya adalah asthenosphere yang lebih lunak.

Lapisan Bumi

Lithosphere terdiri dari seluruh kerak bumi dan lapisan mantel paling atas. Kedua lapisan tersebut membentuk cangkang luar Bumi yang relatif dingin dan kaku. Lithosphere memiliki ketebalan rata-rata sekitar 100 kilometer dan bisa mencapai lebih dari 250 kilometer di bawah bagian tertua dari sebuah benua. Di bawah lapisan kaku ini hingga ke kedalaman sekitar 350 kilometer terdapat lapisan lunak dan relatif lemah yang dikenal sebagai asthenosphere.

Pada dasar lapisan mantel bumi, terdapat suatu batas yang memisahkan mantel dan inti bumi. Batasan ini dikenal dengan bidang diskontinuitas Gutenberg. Batasan ini terletak sekitar 2891 km di bawah permukaan bumi.

Inti bumi

Inti bumi menyusun lapisan terdalam dari bumi kita ini. Lapisan ini adalah lapisan dengan densitas tertinggi dengan rata rata densitas 11 g/cm3. Medan magnet bumi terbentuk karena adanya inti bumi yang sebagian besar terdiri dari unsur logam. Komposisi inti bumi diperkirakan tersusun dari besi-nikel alloy dengan sedikit unsur oksigen, silikon, dan sulfur yang membentuk senyawa dengan besi.

Meskipun tersusun dari material yang sama, inti luar dan inti dalam memiliki sifat fisis yang berbeda. Inti luar adalah lapisan bersifat cair dan memiliki ketebalan sekitar 2260 km. Pergerakan logam cair pada lapisan ini yang menghasilkan medan magnet bumi.  Walaupun bersuhu lebih panas, Inti dalam bumi bersifat padat karena tekanan yang sangat tinggi di pusat bumi. Inti luar dan inti dalam dipisahkan oleh Bidang Diskontinuitas Lehmann-Bullen. Bidang Diskontinuitas Lehmann-Bullen membatasi inti luar yang bersifat cair dan dalam yang bersifat padat.


Referensi

Cambridge International AS and A Level Geography, 2nd Edition โ€” Garrett Nagle, Hodder Education
Earth Science, 15th Edition โ€” Lutgens, Tarbuck, and Tasa, Pearson
https://en.wikipedia.org/wiki/Structure_of_Earth
https://www.e-education.psu.edu/marcellus/node/870#:~:text=The%20mechanical%20layers%20of%20the,fall%20in%20the%20same%20places.&text=The%20lithosphere%20includes%20the%20crust%20and%20the%20top%20of%20the%20mantle.
http://volcano.oregonstate.edu/earths-layers-lesson-1

Newsletter
๐Ÿ“ฌ Ikuti Newsletter kami dan dapatkan Artikel terbaru lebih awal
artikel terbaru

Komentar

Tinggalkan Balasan